Web Toolbar by Wibiya -->
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Senin, 04 Maret 2013

Apa itu Magnetic Resonance Imaging (MRI Scan)


Magnetic Resonance Imaging (MRI) adalah tes yang menggunakan medan magnet dan pulsa energi gelombang radio untuk membuat gambar organ dan struktur di dalam tubuh. Dalam banyak kasus MRI memberikan informasi yang berbeda tentang struktur dalam tubuh daripada yang dapat dilihat dengan X-ray, USG, atau computed tomography (CT) scan. MRI juga dapat menunjukkan masalah yang tidak dapat dilihat dengan metode pencitraan lainnya.
Untuk tes MRI, daerah tubuh yang sedang dipelajari ditempatkan di dalam sebuah mesin khusus yang mengandung magnet yang kuat. Gambar dari scan MRI adalah gambar digital yang dapat disimpan dan disimpan pada komputer untuk studi lebih lanjut. Gambar juga dapat ditinjau dari jarak jauh, misalnya di dalam klinik atau ruang operasi. Dalam beberapa kasus, bahan kontras dapat digunakan selama pemindaian MRI untuk menunjukkan struktur tertentu lebih jelas.
Magnetic resonance imaging (MRI) dilakukan karena berbagai alasan. Hal ini digunakan untuk menemukan masalah seperti tumor, perdarahan, cedera, penyakit pembuluh darah, atau infeksi. MRI juga dapat dilakukan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang masalah yang terlihat pada X-ray, USG, atau CT scan. Bahan kontras dapat digunakan selama MRI untuk menunjukkan jaringan abnormal dengan lebih jelas. Scan MRI dapat dilakukan untuk:
  • Kepala. MRI dapat melihat otak untuk tumor, aneurisma, perdarahan di otak, cedera saraf, dan masalah lainnya, seperti kerusakan yang disebabkan oleh stroke. MRI juga dapat menemukan masalah dari mata dan saraf optik, dan telinga dan saraf pendengaran.
  • Dada. MRI dada dapat melihat jantung, katup, dan pembuluh darah koroner. Hal ini dapat menunjukkan apakah jantung atau paru-paru rusak. MRI dada juga dapat digunakan untuk mencari payudara atau kanker paru-paru.
  • Pembuluh darah. Menggunakan MRI untuk melihat pembuluh darah dan aliran darah melalui mereka disebut magnetic resonance angiography (MRA). Hal ini dapat menemukan masalah dari arteri dan vena, seperti aneurisma, pembuluh darah tersumbat, atau lapisan sobekan pembuluh darah (diseksi). Kadang-kadang bahan kontras digunakan untuk melihat pembuluh darah lebih jelas.
  • Perut dan panggul. MRI dapat menemukan masalah dalam organ dan struktur di perut, seperti hati, kandung empedu, pankreas, ginjal, dan kandung kemih. Hal ini digunakan untuk mencari tumor, perdarahan, infeksi, dan penyumbatan. Pada wanita, dapat melihat rahim dan ovarium. Pada pria, terlihat pada prostat.
  • Tulang dan sendi. MRI dapat memeriksa masalah tulang dan sendi, seperti artritis, masalah dengan sendi temporomandibular, masalah sumsum tulang, tumor tulang, tulang rawan masalah, ligamen robek atau tendon, atau infeksi. MRI juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah tulang rusak saat X-ray hasilnya tidak jelas. MRI dilakukan lebih sering daripada tes lainnya untuk memeriksa beberapa tulang dan gangguan persendian.
  • Tulang belakang. MRI dapat memeriksa cakram dan saraf tulang belakang untuk kondisi seperti stenosis tulang belakang, tonjolan disc, dan tumor tulang belakang.
Ahli bedah saraf menggunakan scan MRI tidak hanya dalam mendefinisikan anatomi otak, tetapi dalam mengevaluasi integritas sumsum tulang belakang setelah trauma. Hal ini juga digunakan ketika mempertimbangkan masalah yang terkait dengan cakram tulang belakang atau intervertebralis tulang belakang. Scan MRI dapat mengevaluasi struktur jantung dan aorta, di mana ia dapat mendeteksi aneurisma atau air mata.
Ini memberikan informasi berharga mengenai kelenjar dan organ dalam perut, dan informasi yang akurat tentang struktur sendi, jaringan lunak, dan tulang dari tubuh. Seringkali, operasi dapat ditangguhkan atau lebih tepatnya diarahkan setelah mengetahui hasil MRI scan.

0 komentar:

Posting Komentar