Web Toolbar by Wibiya -->
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Senin, 04 Maret 2013

Mengenal Vulvektomi


Pengertian

Vulvektomii adalah prosedur pembedahan di mana semua atau bagian dari vulva, bagian eksternal dari alat kelamin betina, akan dihapus. Wanita didiagnosis dengan kanker vulva mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat sel-sel kanker. Biasanya, pasien akan menjalani radiasi atau kemoterapi sebelum operasi untuk mengecilkan ukuran tumor dan mengurangi kebutuhan untuk operasi yang luas.

Ada beberapa jenis vulvektomi, dan mana yang digunakan tergantung pada ukuran daerah yang terserang kanker, seberapa parah kanker tersebut, dan seberapa jauh ia telah menyebar. Hanya lapisan atas kulit akan dihapus dalam vulvectomy menguliti. Meskipun itu adalah prosedur invasif minimal, vulvectomies menguliti jarang dilakukan karena peningkatan risiko meninggalkan sel-sel kanker di vulva.

Sebuah vulvektomi sederhana melibatkan penghapusan lengkap dari vulva. Prosedur ini biasanya dilakukan pada pasien yang menderita kanker vulva invasif. Jika kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening atau jaringan sekitarnya, vulvectomy sederhana menyediakan keamanan yang seluruh atau sebagian besar sel-sel kanker dan jaringan telah dihapus.

Vulvektomi radikal bisa penuh. Vulvektomi parsial meliputi penghapusan bagian dari vulva, termasuk dalam jaringan. Sebuah vulvektomi, penuh, atau lengkap radikal adalah prosedur vulvektomi paling invasif. Ini melibatkan penghapusan seluruh vulva, termasuk jaringan dalam dan klitoris. Lengkap prosedur vulvektomi  radikal hanya dilakukan pada jenis paling maju dari kanker vulva, dan prosedur yang terpisah untuk menghilangkan kelenjar getah bening di selangkangan dapat dilakukan jika kanker telah menyebar.

Rekonstruksi operasi sering diperlukan untuk wanita yang telah mengalami sebuah vulvektomi. Vulvektomi  menguliti dan beberapa prosedur Vulvektomi parsial tidak mungkin membutuhkan bedah rekonstruksi, karena ini sering luka sembuh sendiri. Cangkok kulit sering dibutuhkan untuk prosedur yang lebih luas. Kadang-kadang jaringan lemak dipindahkan dari daerah lain pada tubuh bersama dengan cangkok kulit untuk menggantikan "padding" alami vulva.

Seperti halnya prosedur bedah, vulvektomi memiliki beberapa risiko yang terkait dan kemungkinan komplikasi. Perempuan sering mengeluh tentang ketidaknyamanan saat mengenakan celana ketat atau naik sepeda karena kurangnya jaringan lemak untuk melindungi pembukaan uretra dan vagina. Banyak wanita merasa sadar diri tentang perubahan dalam penampilan vulva setelah operasi. Ketika sejumlah besar kulit dan jaringan akan dihapus, risiko infeksi atau kegagalan cangkok kulit meningkat.

Jarang, komplikasi serius dapat terjadi setelah operasi vulva. Berisi cairan kista dapat terbentuk di dekat luka, dan pembekuan darah dapat membentuk yang dapat melakukan perjalanan ke kaki dan menyebabkan masalah peredaran darah yang serius. Risiko infeksi saluran kemih jauh lebih tinggi pasca vulvektomi karena peningkatan paparan dari uretra. Banyak wanita juga mengalami efek samping seksual termasuk ketidakmampuan untuk mencapai orgasme, atau rasa sakit dan ketidaknyamanan selama berhubungan seks.


Jenis

Sebuah vulvektomi sederhana berarti penghapusan semua jaringan eksternal, sementara vulvectomy radikal adalah sama namun, juga mencakup penghapusan klitoris, kelenjar getah bening dan jaringan di dekatnya.
Sebuah vulvektomi parsial adalah yang paling parah, hanya menghapus bagian yang terkena vulva. 'Menguliti vulvektomi  melibatkan penghapusan lapisan atas kulit vulva (organ eksternal kelamin wanita, termasuk klitoris, bibir vagina dan pembukaan vagina). Dalam hal ini kulit cangkokan dari bagian lain dari tubuh mungkin diperlukan untuk menutupi daerah. Ada dua jenis Vulvectomy Skinning, para 'vulvektomi menguliti parsial' dan 'vulvektomi menguliti total'. Tujuan yang pertama adalah pelestarian integritas kosmetik dan fungsional dari vulva pada pasien yang lebih muda dan aktif secara seksual, di antaranya peningkatan yang stabil dalam kejadian neoplasia intraepitel vulva telah diamati dalam dekade terakhir. Sementara itu, tujuan dari vulvectomy menguliti total untuk menghapus seluruh vulva dengan cangkok kulit penggantian total pada pasien dengan keterlibatan seluruh kanker vulva. 'Vulvectomy radikal Modified' melibatkan pengangkatan kanker vulva yang mengandung dan beberapa jaringan normal di sekitarnya.

1 komentar: