Web Toolbar by Wibiya -->
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Senin, 04 Maret 2013

Deteksi Kanker Otak


Kanker otak adalah akibat dari pertumbuhan abnormal sel-sel di otak. Kanker otak dapat timbul dari sel-sel otak primer, sel-sel yang membentuk komponen otak lainnya (misalnya, membran, pembuluh darah), atau dari pertumbuhan sel-sel kanker yang berkembang pada organ lain dan yang telah menyebar ke otak oleh aliran darah (metastasis kanker otak).
Meskipun pertumbuhan banyak di otak yang populer disebut tumor otak, tidak semua tumor otak kanker. Kanker adalah istilah dicadangkan untuk tumor ganas. Tumor ganas tumbuh dan menyebar secara agresif, kuat sel-sel sehat dengan mengambil ruang mereka, darah, dan nutrisi. Seperti semua sel-sel tubuh, sel-sel tumor membutuhkan darah dan nutrisi untuk bertahan hidup. Hal ini terutama masalah di otak, seperti pertumbuhan ditambahkan dalam batas-batas tertutup tengkorak dapat menyebabkan peningkatan tekanan intrakranial atau distorsi sekitar struktur vital, menyebabkan kerusakan mereka.
Tumor yang tidak tumbuh secara agresif disebut jinak. Hampir semua tumor yang dimulai di otak tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Perbedaan utama antara tumor jinak dan ganas adalah bahwa tumor ganas dapat menyerang jaringan otak dan tumbuh dengan cepat. Ini pertumbuhan yang cepat dalam batas-batas tengkorak dengan cepat dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak di dekatnya.
Secara umum, tumor jinak kurang serius daripada tumor ganas. Namun, tumor jinak masih bisa menyebabkan banyak masalah di otak, tetapi biasanya kemajuan masalah pada tingkat lebih lambat dari tumor ganas.
Kadang-kadang orang bingung aneurisma otak dengan tumor otak. Aneurisma otak tidak tumor, mereka adalah daerah di arteri otak atau vena yang normal lemah dan memperluas untuk membentuk balon atau perluasan dari dinding pembuluh darah. Mereka jarang menghasilkan gejala kecuali mereka mulai bocor darah ke jaringan otak di sekitarnya. Aneurisma mungkin bawaan (hadir sejak lahir) atau diperluas atau terbentuk di pembuluh otak setelah kerusakan kapal (misalnya, trauma, aterosklerosis, tekanan darah tinggi) tetapi tidak terbentuk dari sel-sel kanker. Sayangnya, ketika aneurisma menghasilkan gejala, mereka dapat menyerupai yang dihasilkan oleh tumor otak.
Kanker otak biasanya disebut tumor otak. Ada dua jenis utama. Sebuah tumor otak primer dimulai di otak. Sebuah tumor otak metastatik dimulai di tempat lain dalam tubuh dan bergerak ke otak. Tumor otak bisa jinak, tanpa sel kanker, atau ganas, dengan sel-sel kanker yang tumbuh dengan cepat.

Tumor otak dapat menyebabkan banyak gejala. Beberapa yang paling umum adalah:
- Sakit kepala, biasanya lebih buruk di pagi hari
- Mual dan muntah
- Perubahan kemampuan Anda untuk berbicara, mendengar, atau melihat
- Masalah dengan keseimbangan atau berjalan
- Masalah dengan pemikiran atau memori
- Otot menyentak atau kedutan
- Mati rasa atau kesemutan di lengan atau kaki

Dokter mendiagnosa tumor otak dengan melakukan pemeriksaan neurologis dan tes termasuk MRI, CT scan, dan biopsi. Orang dengan tumor otak memiliki beberapa pilihan pengobatan. Pilihannya adalah pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi. Banyak orang mendapatkan kombinasi perawatan.

1 komentar: